Cara Menambah Kolom Pada Excel

Pilih sel, baris, atau kolom yang ingin Anda hapus. Untuk membatalkan pilihan sel, klik sel mana saja di lembar kerja. Untuk informasi selengkapnya tentang membuat pilihan, lihat memilih sel, rentang, baris, atau kolom selanjutnya dalam topik ini. Pada tab Beranda, di grup Sel, klik panah di sebelah Hapus, lalu lakukan salah satu hal berikut: Untuk menghapus sel yang dipilih, klik Hapus Sel. Untuk menghapus baris yang dipilih, klik Hapus Baris Lembar. Untuk menghapus kolom yang dipilih, klik Hapus Kolom Lembar. Anda dapat mengklik kanan pilihan sel, klik Hapus, lalu klik opsi yang Anda inginkan. Anda juga dapat mengklik kanan pilihan baris atau kolom lalu klik Hapus. 
Jika Anda menghapus sel atau rentang sel, dalam kotak dialog Hapus, klik Geser sel ke kiri, Geser sel ke atas, Seluruh baris, atau Seluruh kolom. Jika Anda menghapus baris atau kolom, baris atau kolom yang lain otomatis bergeser ke atas atau ke kiri. Tips     Untuk mengulangi menghapus sel, baris, atau kolom, pilih sel, baris, atau kolom berikutnya, lalu tekan Ctrl+Y. Jika diperlukan, Anda dapat memulihkan data yang dihapus secara langsung setelah Anda menghapusnya. Pada Toolbar Akses Cepat, klik Batalkan Hapus, atau tekan Ctrl+Z. Menekan tombol Delete hanya akan menghapus konten pada sel yang dipilih, bukan selnya sendiri. Excel mempertahankan rumus tetap terbaru dengan menyesuaikan referensi ke sel yang digeser untuk memperlihatkan lokasi barunya. Namun, rumus yang mengacu ke sel yang dihapus akan menampilkan nilai kesalahan #REF!.

Cara Menambah dan Menghapus Kolom di Microsoft Excel | TUTORIAL EXCEL

Ketika memasukkan baris dan kolom, pastikan Anda memilih seluruh baris atau kolom dengan mengklik headingnya. Jika Anda hanya memilih sel pada baris atau kolom, perintah Insert hanya akan menyisipkan sel baru.

Cara Menambahkan Kolom dan Baris di Excel | LatihanExcel.com

Klik di dalam tabel untuk memilihnya. Kemudian, klik pada tab Design pada pita Excel. Di sisi kiri menu ini, cari kotak Table Name dan ketik nama baru untuk tabel Anda. Pastikan itu satu kata saja (tidak ada spasi yang diperbolehkan dalam nama tabel.)

Pilih sel atau rentang sel tempat Anda ingin menyisipkan sel kosong. Pilih jumlah sel yang sama seperti yang ingin Anda sisipkan. Sebagai contoh, untuk menyisipkan lima sel kosong, pilih lima sel. Untuk membatalkan pilihan sel, klik sel mana saja di lembar kerja. Untuk informasi selengkapnya tentang membuat pilihan, lihat memilih sel, rentang, baris, atau kolom selanjutnya dalam topik ini. Lakukan salah satu hal berikut ini: Klik kanan sel yang dipilih lalu klik Sisipkan. Pada tab Beranda, di grup Sel, klik tanda panah di bawah Sisipkan, lalu klik Sisipkan Sel. Dalam kotak dialog Sisipkan, klik arah Anda ingin menggeser sel sekitarnya. Saat Anda menyisipkan sel di lembar kerja, referensi disesuaikan, baik referensi sel relatif maupun absolut . Perilaku yang sama berlaku untuk menghapus sel, kecuali jika sel yang dihapus dirujuk secara langsung oleh sebuah rumus. Jika Anda ingin referensi disesuaikan secara otomatis, sebisa mungkin gunakan referensi rentang di rumus Anda, daripada menentukan sel individu. Anda dapat menyisipkan sel yang berisi data dan rumus dengan menyalin atau memotong sel tersebut, mengklik kanan lokasi tempat Anda ingin menempelkannya lalu mengklik Sisipkan Sel yang Disalin atau Sisipkan Sel yang Dipotong. Tips     Untuk mengulangi tindakan menyisipkan sel, klik lokasi tempat Anda ingin menyisipkan sel, lalu tekan Ctrl+Y. Jika ada pemformatan, Anda dapat menggunakan tombol Analisis Cepat untuk memilih cara menetapkan Pemformatan sel yang disisipkan.

Cara Menambahkan Kolom dan Baris di Excel | LatihanExcel.com

Saat Anda menyisipkan sel di lembar kerja, referensi disesuaikan, baik referensi sel relatif maupun absolut . Perilaku yang sama berlaku untuk menghapus sel, kecuali jika sel yang dihapus dirujuk secara langsung oleh sebuah rumus. Jika Anda ingin referensi disesuaikan secara otomatis, sebisa mungkin gunakan referensi rentang di rumus Anda, daripada menentukan sel individu.

Anda juga dapat memilih sel pertama atau rentang pertama, lalu menekan Shift+F8 untuk menambahkan sel atau rentang yang tidak berdekatan lainnya ke pilihan. Untuk berhenti menambahkan sel atau rentang ke pilihan, tekan Shift+F8 lagi.

Sekali lagi, ini adalah fitur yang membuat tabel Excel sangat bermanfaat. Anda bisa saja  menambahkan filter tanpa menggunakan tabel, namun dengan begitu banyak fitur, akan lebih efektif jika beralih menggunkan tabel.

Ketika memasukkan baris, kolom, atau sel baru, Anda akan melihat ikon kuas di sebelah sel yang dimasukkan. Tombol ini memungkinkan Anda untuk memilih bagaimana Excel akan memformat sel-sel ini. Secara default, format Excel yang dimasukan ke dalam baris, memiliki format yang sama seperti sel-sel baris di atas. Untuk mengakses lebih banyak pilihan, arahkan mouse Anda pada ikon, kemudian klik panah drop-down.

Kapanpun Anda memiliki konten sel yang terlalu banyak untuk ditampilkan dalam satu sel, Anda dapat memutuskan untuk membungkus teks atau menggabungkan sel daripada mengubah ukuran kolom. Membungkus teks akan memodifikasi tinggi baris sel ssecara otomatis, yang memungkinkan isi sel yang akan ditampilkan pada beberapa baris. Penggabungan memungkinkan Anda untuk menggabungkan sel dengan sel kosong yang berdekatan untuk membuat satu sel besar.

Setelah Anda menekan enter, tabel Excel akan menarik rumus ke semua baris dalam tabel. Saya lebih suka rumus yang dihasilkan tabel saat membuat perhitungan. Tidak hanya membuatnya rapi, tapi Anda tidak perlu menurunkan formula secara manual.

Untuk menyisipkan beberapa kolom, pilih kolom yang ada di sisi kanan tempat Anda ingin menyisipkan kolom. Pilih jumlah kolom yang sama seperti yang ingin Anda sisipkan. Sebagai contoh, untuk menyisipkan tiga kolom baru, pilih tiga baris.

Anda dapat menggunakan opsi Teks Alternatif untuk menambahkan teks alternatif ke tabel. Dalam file Office, ketuk di dalam kolom atau ketuk blok pilihan di sudut kiri atas tabel Anda untuk memilih seluruh tabel. Di tablet Windows, di tab Tabel, ketuk ikon Ukuran Sel, lalu pilih Teks Alternatif. Di telepon Windows, cukup ketuk Teks Alternatif. Masukkan judul dan deskripsi tabel Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel