Pengertian Sel, Range dan Alamat Sel Pada Excel

Pilih kolom atau baris (atau cakupan sel) yang ingin Anda lihat penghitungannya.Di bagian bawah jendela, lihat penghitungan untuk sel yang dipilih—misal, jumlah, rata-rata, minimum, dan sebagainya.

Penggunaan cell absolute atau Penguncian Cell - Belajar Microsoft ...

Kotak sample akan menampilkan hasil pilihan anda.  Klik OK untuk menutup jendela ini. Maka sel/range yang disorot tadi akan berubah sesuai dengan format yang telah kita set. Jika ingin menampilkan tanggal dan waktu sekarang, kita langsung dapat mengetikkan =NOW() pada formula bar, lalu tekan tombol enter.


Anda dapat memindahkan atau menghapus seluruh rumus array, tetapi Anda tidak dapat memindahkan atau menghapus sebagian. Dengan kata lain, untuk menyusutkan rumus array, Anda harus menghapus rumus yang ada lalu memulai ulang.



Daripada memilih perintah dari Ribbon, Anda dapat mengakses perintah cepat dengan mengklik kanan. Cukup pilih sel(s) yang ingin Anda format, kemudian klik kanan mouse. Sebuah menu drop-down akan muncul, di mana Anda akan menemukan beberapa perintah yang juga terletak pada Ribbon.

8.4 Menghapus Baris, Kolom dan Sel (Delete) Untuk manghapus baris, kolom atau sel yang tidak diperlukan lagi, dapat dilakukan dengan cara ; ® Sorotlah sel atau range yang akan dihapus. ® Pilih dan klik menu Edit, Delete, maka kota dialog delete akan ditampilkan seperti berikut:

Beberapa elemen mungkin tidak dipisahkan dengan karakter yang benar. Jika Anda menghilangkan satu koma atau titik koma, atau meletakkannya di tempat yang salah, konstanta array mungkin tidak dibuat dengan benar atau Anda mungkin melihat pesan peringatan.

Salah satu cara terbaik untuk menggunakan konstanta array adalah dengan memberi nama. Konstanta bernama lebih mudah digunakan, dan dapat menyembunyikan kerumitan rumus array Anda dari orang lain. Untuk memberi nama konstanta array dan menggunakannya dalam rumus, lakukan hal berikut:

5.4 Memasukkan Data Dalam Excel 2000 ada beberapa jenis data yang harus kita ketahui, diantaranya adalah data berupa teks, nilai/angka, tanggal dan jam yang masing-masingnya mempunyai format tersendiri. Secara umum cara memasukan data ke dalam suatu sel dapat dilakukan sebagai berikut ; 1. Pilih dan klik sel tempat data yang akan dimasukan. 2. Ketikkan data yang akan dimasukkan. 3. Tekan enter untuk mengakhirinya.

2. Menggunakan Perintah Format Cell Perintah format cell sangat dianjurkan guna mengurangi kesalahan dalam pengetikan data angka. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menggunakan perintah ini;  Sorot terlebih dulu sel atau range yang akan diatur tampilannya.  Pilih dan klik menu Format, Cell atau cukup dengan menekan tombol Ctrl+1. Maka akan tampil kotak dialog format cell.  Klik tab Number dan pada daftar pilihan Category, pilih kategori format yang diinginkan. Untuk sementara kita pilih Number. Perhatikan gambar berikut:

Keselamatan    Anda tidak bisa menimpa komponen rumus array multi sel. Sebagai contoh, klik sel E3 dan tekan Delete. Anda harus memilih seluruh rentang sel (E2 sampai E11) dan mengubah rumus untuk seluruh array, atau membiarkan array seperti itu. Sebagai langkah pengaman tambahan, Anda harus menekan Ctrl+Shift+Enter untuk mengonfirmasi perubahan rumus.

Menambah, mengurangi, mengalikan, atau membagi nilai Anda dapat membuat formula aritmetika sederhana atau rumit untuk melakukan penghitungan nilai di tabel Anda. Klik sel yang hasilnya ingin Anda munculkan, lalu ketik tanda sama dengan (=).Editor formula terbuka. Seret sisi kiri editor formula untuk memindahkannya. Anda dapat mengubah ukurannya dengan menyeret dari tepi luarnya. Klik sel untuk digunakan sebagai argumen pertama dalam formula Anda, atau ketik nilai (misalnya, angka seperti 0 atau 5,20). Ketik operator aritmetika (misalnya, +, -, *, atau /), lalu pilih sel yang akan digunakan sebagai argumen berikutnya dalam formula Anda, atau ketik nilai.Secara default, Numbers menyisipkan + di antara rujukan sel. Teruskan menambahkan operator dan argumen hingga formula selesai, lalu tekan Return atau klik di editor formula jika sudah selesai.Jika mengeklik , Anda akan keluar dari editor formula tanpa menyimpan perubahan Anda. Jika terdapat kesalahan dalam formula Anda, muncul di sel hasil. Klik sel hasil untuk melihat pesan kesalahan. Jika pesan menunjukkan bahwa sel lain menimbulkan kesalahan, Anda dapat mengeklik rujukan sel untuk memilih sel dengan kesalahan.

2. Menyisip Kolom Pada saat mengetikan tabel diatas, kita lupa memasukkan kolom satuan setelah kolom jumlah barang. Untuk mengatasi hal tersebut ikuti langkah menyisip kolom berikut:  Letakkanlah penunjuk mouse disel mana saja asal berada pada lokasi kolom yang diinginkan. Sebagai contoh kolom E, maka letakkakan di sel E.5 atau E.4 dsb)  Pilih dan klik menu Insert, Columns.

Dalam kasus ini, fungsi LEN mengembalikan panjang setiap string teks di setiap sel dalam rentang tersebut. Fungsi SUM kemudian menjumlahkan semua nilai tersebut dan menampilkan hasilnya dalam sel yang berisi rumus, A9.

5.1 Mengenal Tipe Data Pada Excel 2000 Sebelum melangkah lebih jauh dengan Excel 2000, ada baiknya terlebih dahulu kita mengenal tipe-tipe data yang terdapat pada excel itu sendiri. 1. Tipe Data Alpha Numerik/Teks Adalah tipe data berupa teks seperti huruf (A – Z, a – z), simbol (*, ^, $, %, #, @, dll) dan angka (0 – 9) yang tidak akan diproses secara matematika. Data dengan tipe ini, dalam excel 2000 akan dibuat rata kiri dan selalu didahului oleh label prefiks berupa tanda kutip satu (‘) yang diberikannya secara otomatis. Jika data yang dimasukkan adalah data angka tetapi kita ingin menganggapnya sebagai alpha numerik/teks, maka kita harus mengetik label prefiks sebelum data tersebut, seperti : ‘2001 2. Tipe Data Numerik/Angka Adalah data yang terdiri dari angka (0 – 9), waktu dan tanggal yang dapat diproses secara matematika. Penulisan data dengan tipe ini tidak boleh didahului oleh label prefiks. Data numerik ini akan ditampilkan rata kanan oleh Excel 2000. 3. Tipe Data Formula Adalah tipe data yang terdiri dari rumus-rumus, seperti perkalian, pembagian, penjumlahan serta fungsi matematika lainnya. Tipe data ini ini merupakan tipe data yang terpenting dalam Excel 2000, karena akan selalu digunakan dalam pengolahan data.

 Cell Pointer (penunjuk sel), adalah penunjuk sel yang aktif. Sel adalah perpotongan antara kolom dengan baris. Sel diberi nama menurut posisi kolom dan baris. Contoh. Sel A1 berarti perpotongan antara kolom A dengan baris 1.  Formula Bar, adalah tempat kita untuk mengetikkan rumus-rumus yang akan kita gunakan nantinya. Dalam Excel pengetikkan rumus harus diawali dengan tanda ‘=’ . Misalnya kita ingin menjumlahkan nilai yang terdapat pada sel A1 dengan B1, maka pada formula bar dapat diketikkan =A1+B1  Scroll Bar, berfungsi untuk menggeser lembar kerja secara vertikal (Vertical Scroll Bar) dan horizontal (Horizontal Scroll Bar).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel