Belajar Rumus Vlookup

Dengan menggunakan fungsi vlookup yang efektif ini, maka akan mendapatkan kemudahan ketika akan mencari data serta mengambil data dari sebuah tabel yang referensinya berdasarkan nilai tertentu. Sesuai dengan namanya vertical lookup, maka proses pencarian datanya dilakukan secara vertikal, karena pada program ms. Excel ini memiliki fungsi khusus untuk mencari data secara horizontal pula, yaitu HLOOKUP. Semoga bermanfaat.

Fungsi HLOOKUP pada excel - Belajar Microsoft Excel

Perbaikannya adalah membuatkan formula sebuah absolute reference, sehingga ketika kamu menarik formula ke bawah, daftarnya tidak berubah. Klik di dalam cell dimana kamu menuliskan VLOOKUP, dan kemudian klik di suatu tempat di dalam daftar lookup acuan. Kemudian, tekan F4. Kamu akan memperhatikan bahwa formula berubah mencantumkan lambang dollar.

Penjelasan Tentang Vlookup dan Hlookup Pada Ms. Excel | My Window

Jakarta, Kartunet – Selain rumus-rumus relative, dalam Microsoft Excel juga dikenal penggunaan rumus absolut. Perbedaannya adalah, pada rumus absolut, kolom atau baris dapat dikunci sehingga tak akan berubah meski rumus tersebut disalin ke baris atau klom lainnya. Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan modul kali ini.

FUNGSI SUM, MAX , MIN, AVERAGE, IF , HLOOKUP dan VLOOKUP pada Ms ...

2. Apabila anda enggan menggunakan reference absolute, anda bisa juga menggunakan define name yang fungsinya untuk memberi nama range dengan menggunakan fitur table. Seperti pada contoh berikut, anda namai tabel data stock dengan nama “table_stock”. Lalu anda bisa lakukan caranya dengan blok table kemudian pilih menu pada tab formula dan pilih define name, kemudian anda beri nama “tabel_stock”lalu save.

Misalnya, jika table-array membentang di sel B2:D7, maka lookup_value harus berada di kolom B. Lihat grafis di bawah ini. Lookup_value dapat berupa nilai atau referensi ke sel.

– range_lookup (opsional) merupakan nilai true atau false. Bila nilai true akan digunakan bila anda ingin mendapatkan hasil yang mendekati, sedangkan false digunakan bila anda menginginkan nilai yang pasti. Supaya syntax rumusnya lebih singkat, maka true bisa diganti dengan 0 dan untuk false diganti dengan angka

Kita akan memulai dengan menyalin dan menempelkan cell F5 (cell Supplier) ke cell G5. Saya biasanya hanya menggunakan shortcut keyboard Ctrl + C dan Ctrl + V untuk copy dan paste keseluruhan cell. Pada awalnya, ini tidak akan berkerja, dan kamu akan melihat sebuah N/A di dalam cell.

Nomor kolom dalam rentang yang berisi nilai kembali. Sebagai contoh, jika Anda menentukan B2: D11 sebagai rentangnya, Anda harus menghitung B sebagai kolom pertama, C sebagai kedua, dan seterusnya.

Berikutnya, kita perlu memberi tahu Excel kolom mana untuk ditarik. Ingatlah bahwa item pertama kita untuk dimasukkan adalah nama Supplier, yang ada di dalam kolom kedua daftar lookup. Tambahkan angka 2 ke formula untuk menarik dari kolom kedua lookup, dan koma lainnya.

Jika range_lookup adalah TRUE atau dihilangkan, kolom pertama harus diurutkan secara abjad. Jika kolom pertama tidak diurutkan, nilai yang dikembalikan mungkin bisa berupa sesuatu yang tidak Anda harapkan. Urutkan kolom itu terlebih dulu, atau gunakan FALSE untuk kecocokan persis.

Kolom pertama rentang sel harus memuat lookup_value (misalnya, Nama Belakang di gambar di bawah ini.) Rentang sel juga harus menyertakan nilai kembali (misalnya, Nama Depan di grafis di bawah ini) yang ingin Anda temukan.

Sebelum kita melanjutkan, pastikan untuk Mendownload Lampiran secara gratis untuk mengikuti tutorial ini. Itu adalah workbook spreadsheet contoh yang saya buat, dimana akan kita gunakan untuk mengikuti tutorial ini.

Kita perlu pergi ke formula bar, dan ganti bagian pertama formula dari C5 kembali ke B5. Ketika kita memindahkan formula sebanyak satu kolom, Excel mengupdate bagian lainnya formula. Kita mendapatkan sebuah "N/A" karena Excel berusaha untuk mencocokkan kuantitas (Kolom C) pada daftar lookup, namun daftar kita tidak mencantumkan kuantitas.

Setelah kamu memasukkan koma untuk cell lookup, ganti tab dan arahkan Excel ke daftar lookup. Klik dan drag antara cell A3 dan G3 untuk memilih data lookup. Pastikan dan tekan F4 pada keyboard selama tahap ini untuk membuat absolute reference, yang akan mengunci cell untuk digunakan sebagai lookup.

Lebih mudah untuk melakukan copy dan paste formula ke dalam cell lainnya, namun itu memerlukan beberapa modifikasi. Pada awalnya, Excel akan mencari cell C5 untuk lookup, namun kita perlu menyesuaikan itu ke "B5" di dalam formula bar. Setelah kita melakukan itu, lookup akan berkerja - hampir.

Ketika mencari nilai teks di kolom pertama, pastikan bahwa data di kolom pertama tidak memiliki spasi awal, spasi akhir, penggunaan tanda kutip lurus ( ' atau " ) dan lengkung ( ‘ atau “) yang tidak konsisten, atau karakter non-cetak. Dalam kasus ini, VLOOKUP mungkin mengembalikan nilai yang salah atau tidak diharapkan.

Saat kamu menarik formula ke bawah, itu menarik reference untuk lookup table ke luar. Tiba-tiba, lookup table kehilangan baris dari lookup table dan VLOOKUP kita tidak berkerja.

Seperti yang kamu mungkin  tahu,kamu dapat menarik cell ke bawah untuk melakukan paste formula ke dalam cell lainnya. Bagaimana pun juga, ini terkadang merusak VLOOKUP karena cell reference yang berubah.

Ingatlah bahwa key primer kita—bagian data yang muncul pada kedua daftar—adalah ingredient, jadi kita akan menggunakan itu sebuah lookup. Klik pada cell B5, atau ketikkan itu ke dalam formula. Berikutnya, tambahkan sebuah koma setelah "B5" sehingga kita dapat memasukkan bagian berikutnya dari formula.

Terakhir, mari mengerjakan kolom Hari Pengiriman Supplier. Salin dan tempelkan cell G5 ke cell H5. Sekali lagi, kita perlu memperbaiki formula dengan mengubah C5 kembali ke B5 untuk menggunakan ingredient sebagai key primer. Kemudian, cukup perbarui "7" ke "5" untuk menggunakan kolom ke-5 dari tabel lookup.

Slideshare uses cookies to improve functionality and performance, and to provide you with relevant advertising. If you continue browsing the site, you agree to the use of cookies on this website. See our User Agreement and Privacy Policy.

Sekarang, kita perlu memberikan daftar lookup kepada formula. Dengan formula yang masih terbuka, klik pada tab Supplier List. Sekarang, klik pada cell A3, dan klik dan drag untuk menyoroti dan memilih A3 hingga G13, keseluruhan tabel lookup. Pastikan dan tekan tombol F4 pada keyboard untuk membuat formula sebagai absolute reference (lebih lanjut tentang ini nanti). Akhirnya, masukkan koma lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel