Cara membuat template di Word 2010

Resume memuat pengalaman kerja, riwayat pendidikan, keahlian, dan pencapaian seseorang. Resume yang baik, jelas, singkat, dan mudah dibaca merupakan aspek penting yang harus dipertimbangkan ketika mencari pekerjaan. Selain itu, resume juga harus dibuat menggunakan program penyunting kata, serta memiliki tampilan yang rapi. Microsoft Word menawarkan pilihan untuk membuat resume melalui templat yang tersedia, tetapi Anda juga bisa membuat sendiri resume dari awal menggunakan fitur pengatur format Word.

Membuat Label Undangan dengan Ms Word 2007 dan Ms. Excel 2007

Pilih opsi yang ingin Anda terapkan ke font default, seperti gaya font dan ukuran font. Jika Anda memilih teks di langkah 1, properti teks yang dipilih diatur dalam kotak dialog.

Cara Membuat Undangan Simple dan Mudah Dengan Microsoft Publisher ...

Anda bisa mengkustomisasi template Normal dan mengubah pengaturan default untuk berbagai aspek dari sebuah dokumen, seperti pemformatan teks, pemformatan paragraf, pemformatan dokumen, gaya, teks, gambar, entri TeksOtomatis, dan pintasan papan ketik. Untuk melakukan perubahan pada Normal.dotm, Anda harus membuka file dari Word. Jika Anda membuka Normal.dotm dari Finder, Word akan membuat dokumen kosong baru yang didasarkan pada template itu.

Cara Membuat Chart di Microsoft Word 2010 ~ KREATIFITAS BERKREASI

Selesaikan templat yang sudah diunduh. Setelah memilih templat yang tampak profesional dan sesuai dengan jenis pekerjaan yang Anda inginkan, Anda bisa menghapus teks bawaan dan menambahkan informasi pribadi. Format, tata letak, dan presentasi memang merupakan aspek penting dalam membuat resume yang baik, tetapi aspek-aspek tersebut tetap tidak dapat menutupi tulisan yang buruk dan kesalahan ejaan dan tata bahasa. Pastikan Anda memperhatikan detail resume dengan hati-hati dan memeriksanya secara menyeluruh. Semua versi Word, dari 2003 hingga 2013, hadir dengan beberapa templat resume bawaan.

Step 3: In this example, we will choose a template from the Job-specific resumes folder. You may also choose from Basic resumes or Situation-specific resumes, shown below.

Klik File dan pilih Save As. Klik menu tarik-turun “Save as type” di bawah nama berkas. Pilih salah satu format templat berdasarkan kebutuhan Anda: Word Template – Ini akan membuat templat yang kompatibel dengan Word 2007, 2010, dan 2013. Word 97-2003 Template – Ini akan membuat templat yang kompatibel dengan versi Word sebelumnya. Anda mungkin akan kehilangan sebagian perubahan gaya dan pemformatan Anda karena masalah inkompatibilitas.

Catatan: Di Word, Anda juga dapat dengan cepat dan mudah memformat seluruh dokumen untuk memberi tampilan yang profesional dan modern dengan menerapkan tema dokumen. Tema dokumen adalah sekumpulan pilihan pemformatan yang terdiri dari skema warna (kumpulan warna), skema font (kumpulan judul dan font isi teks), dan skema efek (kumpulan efek garis dan isian).

Cobalah buat resume kronologis. Ada beragam jenis resume yang berbeda, termasuk resume kronologis, resume fungsional, resume kombinasi, dan riwayat hidup (curriculum vitae atau CV). Resume kronologis memuat riwayat pekerjaan, dari posisi/pekerjaan terbaru hingga pekerjaan paling awal, dengan tanggung jawab atau detail pekerjaan yang dijabarkan di bawah judul posisi dan tanggal kerja. Jenis resume seperti ini membantu menampilkan kemajuan Anda secara profesional seiring berjalannya waktu. Kebanyakan resume kronologis hanya mencakup riwayat pekerjaan dalam 5-10 tahun terakhir. Anda bisa mencantumkan pekerjaan-pekerjaan terdahulu jika dirasa sesuai dengan pekerjaan yang ingin Anda cari. Format ini merupakan format resume yang paling disukai oleh para atasan atau perusahaan di Amerika Serikat.

Word Online Buat resume, buletin, dan dokumen yang memukau serta undang orang lain untuk meninjau dan menulisnya bersama-sama secara real-time. Selain itu, akses templat gratis, alat pemformatan untuk gaya APA, MLA, dan Chicago, serta tambahkan fungsi dengan add-in gratis. Mulai menggunakan Word Pelajari selengkapnya tentang Word Excel Online Atur data Anda dalam lembar bentang dan buku kerja yang tak asing lagi, dengan semua perubahan yang disimpan secara otomatis. Buat visual modern yang mengubah angka menjadi wawasan penting. 
Selesaikan pekerjaan bersama-sama secara real-time tanpa masalah karena semua orang mengerjakan file yang sama. Mulai menggunakan Excel Pelajari selengkapnya tentang Excel PowerPoint Online Tuangkan ide Anda menjadi presentasi yang mengagumkan dengan templat profesional. Gunakan animasi, transisi, foto, dan video online untuk menyampaikan cerita yang menarik. Buat presentasi tim bersama di waktu yang bersamaan dari mana saja. Mulai menggunakan PowerPoint Pelajari selengkapnya tentang PowerPoint

Mulai dengan dokumen kosong, atau jika dokumen Anda sudah berisi teks yang diformat dengan properti yang ingin digunakan, pilih teks tersebut. Di tab Beranda, klik Peluncur Kotak Dialog Font, lalu klik tab Font. Pilih opsi yang ingin Anda terapkan ke font default, seperti gaya font dan ukuran font. Jika Anda memilih teks di langkah 1, properti teks yang dipilih diatur dalam kotak dialog. Klik Set Sebagai Default, kemudian atur lingkup perubahan Anda: Pilih Dokumen ini saja? jika Anda ingin agar perubahan diterapkan hanya pada dokumen saat ini. Pilih Semua dokumen berdasarkan templat Normal .dotm? jika Anda ingin agar perubahan diterapkan ke setiap dokumen berdasarkan templat Normal. Klik OK untuk menerapkan perubahan Anda.

Selalu sesuaikan resume dengan jenis posisi/jabatan yang diinginkan. Anda mungkin perlu menambahkan, menyusun ulang, atau menghapus pencapaian atau segmen tertentu berdasarkan kebutuhan posisi/jabatan yang bersangkutan. Jangan menunggu untuk memperbarui resume hingga Anda berencana untuk mencari pekerjaan. Setiap kali Anda mendapatkan kenaikan pangkat atau pencapaian yang signifikan, tambahkan informasi baru tersebut ke resume.

Karena formatnya yang unik, membuat daftar isi haruslah teliti. Bisa dibuat secara manual tapi dari pengalaman, cara ini rentan kesalahan. Opsi terbaik adalah dengan memanfaatkan fitur pembuatan daftar isi secara otomatis yang akan kita bahas di panduan pemula ini. Tapi syaratnya, Anda harus mempunyai makalah lengkapnya terlebih dahulu.

Untuk mengubah tempat Word secara otomatis menyimpan Templat Anda, pada Word menu, klik preferensi, dan lalu di bawah Pengaturan pribadi, klik Lokasi File. Di bawah Lokasi File, pilih Templat pengguna dari daftar, dan lalu klik Ubah. Ketik folder baru dan jalur yang ingin Anda gunakan, dan Word akan menyimpan Templat baru di folder tersebut.

Mengubah tata letak default dalam template apa pun berarti bahwa ganti bagian, header dan footer, serta atribut tata letak lainnya digunakan dalam setiap dokumen baru yang didasarkan pada template itu. Misalnya, atribut tata letak untuk dokumen kosong baru didasarkan pada template Normal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel