Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik

Untuk melamar kerja selain mengirim surat lamaran kerja, kamu biasanya juga dites wawancara. Oleh sebab itu, persiapkanlah mental dan pikiranmu dengan baik dalam tes wawancara supaya tidak grogi dan dapat menjawab semua pertanyaan dengan baik dan jujur dan jangan lupa berdoa semoga dapat diterima. Itulah semua tips dan kriteria serta contoh surat lamaran kerja yang biasa digunakan di Indonesia, semoga bermanfaat untuk yang lagi cari kerja.

Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Penjaga Konter | Contoh Lamaran ...

Sekarang saya dalam kondisi sehat tidak sakit apapun, kondisi saya sempurna dan lincah dalam bekerja, memiliki prinsip yang kuat dan pekerja keras tentunya. Saya juga menguasai Microsoft Office dengan sangat mahir.

99 Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar Download Gratis ...

Anda tentu sudah mendengar beberapa pertanyaan yang dilontarkan saat wawancara. Nah, saat membuat cover letter, cobalah untuk menjawab pertanyaan tersebut. Biasanya saat wawancara, pihak perusahaan akan menanyakan perihal kemampuan Anda yang sesuai dengan pekerjaan tersebut dan apa untungnya bagi perusahaan untuk memperkerjakan Anda. (Baca Juga: Ini Waktu yang Tepat untuk Memiliki Kartu Kredit)

Bersama ini saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Saya mampu mengoperasikan Microsoft Office, saya dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik. Sebagai bahan pertimbangan Bapak / Ibu, saya lampirkan :

Demikian lamaran ini saya buat, besar harapan saya untuk dapat memenuhi kualifikasi dan diberikan kesempatan untuk bergabung dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya sampaikan terimakasih .

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Membuat Kamu Diterima | Contoh Dokumen

Nah, itulah beberapa contoh mengenai surat lamaran kerja. Bagi Anda yang sedang membutuhkan pekerjaan, pastikan surat lamaran kerja yang Anda buat ini adalah surat terbaik berdasarkan kualifikasi Anda. Jika anda butuh file docsnya silahkan di akses file doc. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Liputan6.com, Jakarta - Empat tahun sudah Anda duduk di bangku kuliah dan kini telah menjadi fresh graduate. Setelah lulus, hidup Anda seolah dihadapkan dengan berbagai tantangan. Wajar saja, karena setelah lulus, tentu ada semacam tuntutan untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama ini. Nah, pada jenjang ini adalah bekerja dan berkarya sesuai dengan passion atau latar belakang pendidikan. Namun memperoleh pekerjaan seperti yang diinginkan dan diharapkan tidaklah selalu mudah. Meski demikian, bukan tidak ada cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan pekerjaan impian. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar perusahaan melirik Anda, salah satunya melalui penulisan sampul surat lamaran yang benar. Sebab tahap-tahap seleksi pelamar kerja adalah seleksi berkas. Baca Juga 9 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Mudah Dibuat Pemula 3 Hal Penting yang Harus Ada di Surat Lamaran Kerja, Apa Saja? Fantastis, Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Laku Dilelang Rp 2 M Lalu, bagaimana cara membuat cover letter (sampul surat lamaran kerja) menarik? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut 8 tips membuat cover letter yang membuat perusahaan tertarik dengan Anda. 1. Pahami Format Penulisan yang Benar Saat membuat surat lamaran, tulislah dengan format yang benar. Tentu ini berlaku untuk surat lamaran yang dikirim melalui e-mail ataupun diantar secara langsung ke perusahaan, juga dikirim via jasa pengiriman (post). Tapi, melalui apa pengiriman surat lamaran tersebut, biasanya ditentukan oleh perusahaan. Jika Anda mengirimkannya melalui e-mail, pastikan bahwa Anda mengisi judul atau subjek e-mail yang tepat. Buatlah judul yang memberitahu penerima perihal isi dan kepentingan Anda dalam mengirim e-mail tersebut. Jika Anda mengirimkannya langsung ke perusahaan, dengan kata lain Anda mengirimkan lamaran pekerjaan dalam bentuk hardfile, pastikan bahwa format dalam surat lamaran pekerjaan Anda sudah benar. Pastikan bahwa Anda menggunakan single space dan ada jeda yang membedakan antar paragraf. Buatlah tulisan menjadi rata kiri. Jangan lupa cantumkan kepada siapa surat lamaran pekerjaan tersebut Anda tujukan serta alamatnya.2 dari 4 halaman

Kami berikan 10 contoh surat lamaran kerja pilihan terbaik dari yang mulai sederhana sampai yang paling keren, tak usah khawatir semuanya benar sesuai eyd, hanya 10 saja? iya soalnya kalau kebanyakan malah bikin bingung :D. Kami sertakan pula file doc dan pdf yang tentunya bisa kamu unduh dan kamu edit sendiri, link berada di paragraf paling bawah.

Baik dalam bentuk DOC ataupun langsung ditulis di kolom yang disediakan di E-mail, yang terpenting adalah kelengkapannya. Jadi, sebelum dikirim hendaknya diperiksa lagi apakah ada yang salah ketik ataupun ada berkas-berkas yang belum dilampirkan.

Tidak bisa dimungkiri bahwa internet saat ini memberikan banyak informasi, termasuk bagaimana contoh cover letter. Anda bisa menjadikannya sebagai contoh, namun jangan sampai langsung menjiplaknya begitu saja secara keseluruhan. Anda tentu tidak ingin terlihat biasa-biasa saja, bukan? Nah, untuk itu Anda bisa menambahkan poin pendapat dari perusahaan lain di bagian cover letter tentang pribadi Anda. 5. Tanya Pendapat Orang Lain Biasanya, seseorang yang terlibat dalam suatu hal itu sendiri akan lebih sulit untuk mendeteksi kekurangan. Oleh sebab itu, Anda memerlukan orang lain untuk sekadar berkomentar perihal surat lamaran pekerjaan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kesalahan apa yang ada di cover letter Anda, misalnya salah dalam menulis tujuan surat, kesalahan space, ataupun kesalahan dalam penyampaian kelebihan diri di cover letter.

Informasi singkat yang dimaksudkan yakni terdiri atas kalimat pembuka, isi, dan penutup. Di bagian pembuka, buatlah kalimat sapaan dan pastikan bahwa Anda menceritakan dari mana Anda mengetahui bahwa perusahaan tersebut sedang membuka lowongan pekerjaan. Jangan lupa untuk menyebutkan surat lamaran itu ditujukan pada siapa.

Tapi, melalui apa pengiriman surat lamaran tersebut, biasanya ditentukan oleh perusahaan. Jika Anda mengirimkannya melalui e-mail, pastikan bahwa Anda mengisi judul atau subjek e-mail yang tepat. Buatlah judul yang memberitahu penerima perihal isi dan kepentingan Anda dalam mengirim e-mail tersebut.

Setelah Anda selesai menulis surat lamaran kerja. Baca sekali lagi, pastikan tidak ada salah ketik. Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, serta tidak ada kata yang sering diulang-ulang.

Saya adalah alumni Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta fakultas ekonomi jurusan manajemen yang lulus pada tanggal 22 april 2006. Saya adalah seseorang yang jujur, mau belajar dan mau bekerja keras, bisa bekerja dalam team, dan bisa berbahasa inggris aktif, Karena itu saya merasa saya mampu untuk bekerja di perusahaan bapak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel