Posisi Nyaman Mengetik

Ketik kalimat pertama Anda. Posisikan jari Anda, lalu ketiklah kalimat: "The quick brown fox jumps over the lazy dog". Kalimat ini mengandung setiap huruf dalam alfabet, sehingga akan melatih jari-jari tangan Anda untuk dapat memposisikan pada tombol yang benar. // Ketik kalimat tersebut secara berulang, pastikan jari Anda menekan tombol yang benar dan juga kembali ke tombol sebelumnya dengan benar. Setelah Anda mulai merasa nyaman dengan cara jari-jari Anda bergerak, cobalah untuk mengetik dengan tidak melihat keyboard, namun melihat langsung pada layang komputer Anda.

Tips Mengatur Posisi Tubuh yang Baik Saat Mengetik

Jangan membungkuk. Hal ini akan mengganggu Adna untuk mengetik cepat. Selain itu, jika Anda duduk membungkuk maka akan menyakiti punggung Anda. Jika Anda mengalami sakit pada punggung Anda, cobalah untuk beristirahat sejenak sembari melakukan gerakan jalan-jalan kecil. Cobalah untuk meminimalisir penggunaan akronim (menyingkat). Karena hal ini akan menjadi sebuah kebiasaan buruk bagi Anda. selain itu, hindari juga untuk menggunakan akronim-akronim yang biasa digunakan banyak orang seperti "LOL", "BFF", atau yang lainnya.

Tips Mengatur Posisi Tubuh yang Baik Saat Mengetik

Jika cedera pergelangan tangan sudah parah dan pengobatan tidak mampu menyelesaikan masalah, dokter mungkin akan menyarankan tindakan operasi. Operasi sendiri biasanya dilakukan untuk berbagai kasus tertentu seperti patah tulang yang mendalam, sindrom carpal tunnel, memperbaiki kerusakan tendon atau sendi, atau kondisi kronis lainnya.

Tips Mengatur Posisi Tubuh yang Baik Saat Mengetik

Berlatih menyentuh tombol yang tepat. Teruslah berlatih untuk menyentuh tombol yang benar pada keyboard Anda. Hal ini sangta penting untuk meningkatkan kemampuan Anda untuk mengetik dengan cepat. Faktanya, saat Anda telah hafal letak tombol huruf pada keyboard Anda, mengetik dengan melihat pada keyboard hanya akan memperlambat Anda. Mungkin ini sulit pada awalnya, namun Anda harus melatih diri Anda untuk mengetik hanya dengan melihat pada layar tanpa melihat ke arah keyboard. // Hal ini mungkin akan terasa sulit pada awalnya, dan Anda mungkin perlu untuk melihat ke arah keyboard sesekali. Namun seiring waktu, jari-jari Anda akan dapat menemukan tombol yang tepat dengan sendirinya. saran lainnya adalah untuk menyebutkan huruf yang Anda ketikan. Ini akan membantu otak Anda untuk mensinkronisasikan gerakan jari Anda dengan pikiran Anda.

Pusatkan pandangan ke layar. Insting alami Anda mungkin melihat ke bawah, ke arah kibor, saat mengetik. Namun, mengarahkan pandangan ke tombol pada kibor justu akan memperlambat Anda dan meningkatkan kemungkinan terjadinya kesalahan. Saat sedang mengetik, fokuskan pandangan ke layar komputer dan gunakan teknik yang dikenal sebagai touch typing (mengetik tanpa melihat tombol). Anda mungkin membuat lebih banyak kesalahan saat pertama kali menggunakan metode ini, tetapi Anda akan mampu mempelajari tata letak kibor dan posisi tombol dengan cepat, dan akan meningkatkan kecepatan mengetik. Saat belajar mengetik tanpa melihat kibor, coba tutup tangan dengan secarik kain, selembar kertas, atau sepotong kardus sehingga Anda tidak bisa melihat tombol-tombol yang ada meskipun Anda mengintip. Meskipun Anda harus memusatkan pandangan ke layar komputer sepanjang waktu, tidak masalah jika sesekali Anda menatap ke arah kibor untuk memastikan Anda mengetahui di mana letak tombol-tombol yang ada.

Jika Anda bekerja di kubikel dalam ruangan tertutup, cobalah tambahkan tanaman hidup sebagai hiasan di meja Anda. Tidak perlu yang besar-besar dan rumit merawatnya, cobalah sukulen, kaktus, atau bambu Cina untuk diletakkan di ujung meja.

Posisikan jari Anda. Posisikan tangan Anda diatas keyboard, jangan mempedulikan letak jari-jari Anda pada tombol dalam keyboard, yang terpenting adalah posisi tangan Anda diatas keyboard. // Letakkan jari telunjuk tangan kanan Anda pada tombol "J"dan tiga jari lainnya pada tombol "K", "L" dan ";". Tempatkan jari telunjuk tangan kiri Anda pada tombol "F" dan tiga jari lainnya pada tombol "D", "S", dan "A". Anda harus dapat merasakan tanda pada tombol "F" dan "J". Hal ini akan memungkinkan jari-jari Anda untuk menemukan posisi yang tepat tanpa harus melihat keyboard.

Anda dapat menutupi tombol "F" dan "J" sebagai bantuan agar jari-jari Anda berada di tempat yang tepat saat Anda mengetik. Anda dapat merasakannya dengan jari telunjuk saat Anda mengetik. Jangan melihat ke bawah saat Anda mengetik. Lebih baik Anda membuat contekan yang disimpan disamping komputer Anda, untuk menjaga bila sewaktu-waktu Anda lupa kalimat yang harus Anda ketikan. Jika Anda mencoba untuk menerima sertifikat mengetik, cobalah (jika mungkin) berlatih pada keyboard biasa bkan keyboard laptop. Tombol huruf pada keyboard laptop biasanya memiliki jarak yang sangat berdekatan, dan hal tersebut akan menyulitkan Anda untuk mengetik dengan cepat. Untuk dapat mengetik dengan baik dan juga cepat memerlukan kesabaran, jadi Anda jangan mudah untuk menyerah. Teruslah berlatih untuk mencapai hal ini. Lemaskan bahu Anda dan duduk dalam posisi tegak. Jika Anda mengalami kesulitan untuk tidak melirik keyboard, Anda dapat menutupnya dengan menggunakan kain putih. Gunakan software (aplikasi) mengetik untuk membantu Anda daam hal ini. Banyak tersedia software untuk membantu Anda dalam hal ini yang tersedia secara Cuma-Cuma maupun hanya sebatas demo. Jika Anda ingin membuat mengetik lebih mudah dan juga Anda ingin meningkatkan koordinasi tangan-mata Anda. Cobalah untuk memainkan sebuah gitar atau instrumen lainnya yang memerlukan keterampilan jari tangan Anda.

Pencahayaan menjadi salah satu poin dekorasi yang sangat penting. Untuk Anda yang merasa ruang kerja kurang memiliki pencahayaan dari luar secara sempurna, dan lampu di dalam ruangan pun tidak banyak membantu, cobalah untuk memasang lampu kecil di samping meja sehingga ruangan kerja terasa lebih hangat dan nyaman.

Gunakan aplikasi dan gim touch typing. Anda akan mampu mengetik paling cepat jika melakukannya dengan perasaan, bukan dengan penglihatan. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan aplikasi touch typing untuk membantu menyempurnakan keterampilan mengetik Anda sehingga bisa bekerja lebih cepat. Aplikasi semacam ini biasanya memberikan latihan yang bermanfaat dan bahkan gim menyenangkan yang dapat membuat upaya Anda untuk meningkatkan kecepatan mengetik menjadi lebih mengasyikkan. Anda bisa membeli aplikasi touch typing, tetapi ada berbagai program gratis yang tersedia, seperti TypingClub, TypeRacer, Klavaro Touch Typing Tutor, dan Rapid Typing. Setelah mempelajari dasar-dasar touch typing, gunakan gim mengetik gratis di internet untuk membantu Anda meningkatkan kecepatan mengetik. Cobalah beberapa gim menyenangkan di situs FreeTypingGame.net atau WordGames.com. Gim-gim itu lebih menyenangkan daripada berlatih mengetik kutipan teks yang sama berulang-ulang. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda menjaga komitmen untuk meningkatkan kecepatan mengetik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel