Cara Mudah Membuat Daftar Isi di Microsoft Word



Daftar isi adalah elemen terpenting dalam sebuah karya ilmiah, tesis ataupun skripsi. Dari halaman inilah pembaca atau penguji bakal terbantu ketika mencoba menemukan nomor halaman untuk bahasan tertentu.



Bayangkan Anda bekerja dengan dokumen yang sangat panjang di Microsoft Word, seperti skripsi, proposal, atau karya ilmiah. Tergantung dengan proyeknya, mungkin puluhan atau bahkan ratusan halaman panjangnya! Jika Anda berurusan dengan dokumen yang panjang terkadang sulit mengingat halaman mana yang memiliki informasi apa. Untungnya, Word memungkinkan Anda memasukkan daftar isi, sehingga memudahkan Anda untuk mengatur dan menavigasi dokumen Anda.

Mengapa menggunakan Daftar Isi?


  1. Memberi kesan pertama yang baik. Sebuah dokumen yang memiliki daftar isi biasa terlihat dan memberi kesan lebih professional daripada dokumen yang tidak memiliki daftar isi.
  2. Membantu menyusun materi penulisan. Ketika Anda membuat atau mengedit sebuah dokumen, daftar isi dapat membantu Anda untuk menyusun dan mengorganisir ide-ide Anda agar Anda tidak lupa memasukkan hal-hal penting yang ingin Anda masukkan di dokumen tersebut.
  3. Membantu memberi pembaca garis besar dari dokumen tersebut. Daftar isi juga membantu memberikan pembaca garis besar isi dokumen.
  4. Membantu pembaca menemukan apa yang mereka cari dengan cepat. Daftar isi bisa menjadi referensi bagi pembaca ketika mereka mencoba mencari informasi penting di dalam dokumen. Nomor halaman di daftar isi membantu pembaca untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan secara cepat. Jika pembaca membaca soft copy dari dokumen tersebut, mereka juga bisa langsung mengklik judul yang mereka ingin baca.
  5. Membuat dokumen Anda lebih mudah didiskusikan. Pernahkah Anda pergi ke sebuah meeting untuk mereview sebuah dokumen atau membahas suatu topik yang bergantung pada satu dokumen? Anda pasti akan lebih senang jika di dokumen tersebut ada daftar isinya agar Anda dapat menemukan informasi yang sedang dibahas secara cepat. Dengan menambahkan daftar isi di dokumen Anda, Anda mempermudah pembaca untuk melakukan pembahasan karena mereka tidak perlu repot-repot mencari topik yang sedang dibahas.Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Membuat Daftar Isi dengan Microsoft Word


  1. Buka references > Table of Contents
  2. Pilih opsi pertama dan kedua yang berada di dalam menu tersebut. Kedua opsi tersebut akan membuat sebuah daftar isi secara otomatis.
  3. Jika kamu ingin membuat daftar isi secara manual, maka silahkan kamu pilih opsi nomor 3. Opsi ini tidak saya sarankan karena akan memakan banyak waktu kamu dan pekerjaan akan terasa lebih lama. Udah ada yang simple kenapa pilih yang ribet ? hehe.
  4. Selain dua pilihan tersebut, kamu juga bisa memilih opso “Custom Table of Contents” dibawahnya untuk dapat membuat daftar isi sesuai dengan keinginan kamu.

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, maka tabel daftar isi akan muncul di dokumen kamu. Daftar isi tersebut nantinya akan menampilkan judul dan subjudul yang telah kamu buat sebelumnya. Jika kurang puas dengan tampilan dan bentuknya, kamu bisa mengubahnya dengan mengikuti tutorial selanjutnya.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel