Cara Cepat Rumus Penjumlahan Excel Otomatis

Gunakan F4 untuk beralih antara absolut dan relatif. Sorot sebuah referensi sel di dalam rumus dengan mengekliknya. Tekan F4, maka simbol $ otomatis akan ditambahkan atau dihapus. Terus tekan F4 sampai referensi absolut atau relatif yang Anda inginkan terpilih, lalu tekan enter.

Cara Membuat Perhitungan Otomatis di Excel 2007 | Ada Gus Indra

Ketika Anda menyalin rumus, pastikan bahwa referensi sel benar. Referensi sel dapat berubah jika mereka memiliki referensi relatif. Untuk informasi selengkapnya, lihat menyalin dan menempelkan rumus ke sel atau lembar kerja yang lain.

Rumus Penjumlahan dan Pengurangan di Excel 2010

Anda dapat menggunakan fitur Pengisian Otomatis untuk mengisi sel dengan data yang mengikuti pola atau berdasarkan pada data di sel lainnya, bukannya memasukkan data secara manual di lembar kerja, . Artikel ini tidak menjelaskan cara memasukkan data secara manual atau memasukkan data secara bersamaan di beberapa lembar kerja. Untuk informasi tentang cara memasukkan data secara manual, lihat artikel Memasukkan data secara manual.

math & trig Archives - Advernesia

Meskipun Excel memudahkan Anda untuk menyalin rumus di seluruh baris atau kolom, Anda mungkin saja tidak selalu mendapatkan hasil yang diinginkan. Jika hasil rumus yang tampil tidak seperti yang Anda harapkan, atau hasil rumus adalah "#REF" atau "/DIV0", bacalah tentang referensi sel absolut dan relatif untuk memahami apa yang salah di sana. Jangan khawatir, Anda tidak perlu menyunting sel satu demi satu di ribuan baris di spreadsheet (lembar kerja) sebelum dapat menyalin-rekatkannya kembali. Ada cara yang mudah agar rumus dapat otomatis memperbarui hasilnya berdasarkan lokasinya, atau menyalin rumus secara persis tanpa mengubah nilai apa pun.

Sebagai contoh, rumus =5+10*2 akan menghasilkan nilai 25 karena Microsoft Excel akan melakukan operasi perkalian terlebih dulu sebelum operasi penambahan. Jadi, angka 10 akan dikalikan dengan angka 2, hasilnya 20, baru kemudian ditambahkan dengan nilai 5. Hasilnya 25.

Jika beberapa karakter pertama yang Anda ketikkan dalam sebuah sel cocok dengan entri yang ada di kolom itu, Excel otomatis memasukkan karakter yang lain untuk Anda. Excel otomatis menyelesaikan hanya entri yang berisi teks atau kombinasi teks dan angka. Entri yang berisi hanya angka, tanggal, atau waktu tidak otomatis diselesaikan.

Sebenarnya ada Mengisi perintah pada Excel Ribbon untuk membantu Anda menerapkan formula ke seluruh kolom atau baris dengan cepat. Pertama masukkan rumusnya = (A1 * 3 + 8) / 5 ke dalam sel C1 (sel pertama dari kolom di mana Anda akan memasukkan rumus yang sama), kedua pilih keseluruhan kolom C, lalu klik Halaman Utama > Mengisi > Turun. Lihat tangkapan layar kiri. Jika Anda ingin menerapkan formula ke seluruh baris, masukkan formula ke dalam sel pertama dari keseluruhan baris Anda, selanjutnya pilih keseluruhan baris, lalu klik Beranda> Isi > Kanan.

Tips: Untuk dengan cepat mengisi sel dengan konten sel berdampingan, Anda dapat menekan Ctrl+D untuk mengisi dari sel di atasnya atau Ctrl+R untuk mengisi dari sel di sebelah kiri. Untuk mengisi sel dengan konten sel di bawahnya (yaitu, untuk mengisi ke atas), di tab Beranda, dalam grupPengeditan, klik Isi, lalu klik Atas. Untuk mengisi sel dengan konten sel di kanannya (untuk mengisi ke kiri), di tab Beranda, dalam grupPengeditan, klik Isi, lalu klik Kiri.

Tahan dan tarik ke sepanjang kolom atau baris untuk merekatkan rumus. Tetap tahan tombol tetikus, lalu tarik kursor ke bawah kolom, atau ke sepanjang baris yang ingin disunting. Rumus di sel asal otomatis akan masuk ke dalam sel-sel yang ditarik menggunakan tetikus. Referensi sel relatif akan otomatis diperbarui untuk mengacu pada sel dalam posisi yang relatif sama. Berikut ini contoh lembar kerja yang menampilkan rumus dan hasilnya: Contoh Lembar Kerja Kolom A Kolom B Kolom C baris 1 10 9 =A1+B1 baris 2 20 8 =A2+B2 baris 3 30 7 =A3+B3 baris 4 40 6 =A4+B4 Contoh Lembar Kerja Kolom A Kolom B Kolom C baris 1 10 9 19 baris 2 20 8 28 baris 3 30 7 37 baris 4 40 6 46

Untuk menghindari mengganti data yang ada saat Anda menyeret gagang isian, pastikan bahwa kotak centang Peringatkan sebelum menimpa sel dipilih. Jika Anda tidak ingin melihat pesan tentang penimpaan sel tidak kosong, Anda bisa mengosongkan kotak centang ini.

Hitung ulang buku kerja sebelum menyimpan    Opsi ini tersedia hanya jika Perhitungan Buku Kerja diatur menjadi Manual. Jika kotak centang ini dipilih, rumus tidak otomatis dihitung ulang hingga Anda menyimpan buku kerja. Perhatikan bahwa beberapa tindakan lainnya bisa mengakibatkan buku kerja disimpan, seperti menggunakan perintah Kirim Ke.

Pertama masukkan rumusnya = (A1 * 3 + 8) / 5 ke dalam sel C1 (sel pertama dari kolom di mana Anda akan memasukkan rumus yang sama), kedua pilih keseluruhan kolom C, lalu klik Halaman Utama > Mengisi > Turun. Lihat tangkapan layar kiri.

Please enter the email address for your account. Silahkan masukkan alamat email untuk account Anda. A verification code will be sent to you. Kode verifikasi akan dikirim kepada Anda. Once you have received the verification code, you will be able to choose a new password for your account. Setelah Anda menerima kode verifikasi, Anda akan Mampu memilih password baru untuk account Anda.

Tikkan alamat sel lain. Langkah ini akan memasukkan nilai pada sel kedua di dalam rumus sebagai variabel kedua. Misalnya, ketikkan "D5" pada sel sehingga rumus akan terlihat seperti ini: =A1*D5. Anda bisa menambahkan lebih dari dua alamat sel pada rumus ini, sepanjang mengetikkan tanda "*" di antara alamat sel tersebut.

Password Reset Please enter the email address for your account. Silahkan masukkan alamat email untuk account Anda. A verification code will be sent to you. Kode verifikasi akan dikirim kepada Anda. Once you have received the verification code, you will be able to choose a new password for your account. Setelah Anda menerima kode verifikasi, Anda akan Mampu memilih password baru untuk account Anda. Kirim

1. Klik suatu sel yang akan digunakan untuk menampung hasil perhitungan sel. 2. Ketik lambang = (sama dengan) untuk mengawali penulisan rumus. 3. Masukkan rumus yang akan digunakan. pada contoh di bawah ini merupakan contoh penjumlahan laki-laki dan perempuan. jadi setelah mengetik tanda =, lanjutkan dengan klik pada cell angka 20, kemudian tulis tanda +, lalu klik cell angka 30, kemudian tekan tombol enter pada keyboard 4. Tekan Enter, maka hasilnya akan langsung muncul, seperti gambar di bawah ini. Pada cell akan muncul hasilnya, namun pada formula bar tetap tampil rumus aslinya, yaitu penjumlahan antara cell yang berisi angka 20 dan cell yang berisi angka 30, atau cell c8+D8

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel