Cara menggunakan rumus SUM pada Excel

Rumus pertambahan pada Ms. Excel adalah dengan menggunakan fungsi =sum, contohnya seperti ini =sum(10+5), contoh tersebut hanya untuk data yang langsung dimasukkan ke dalam fungsi tersebut, tapi bagaimana jika data / angka-nya ada di kolom lain? contohnya seperti =sum(A1+A2), dari contoh ini, sistem akan secara otomatis mengambil angka yang ada pada kolom A1 dan A2 dan langsung menjumlahkannya secara otomatis.

Rumus AVARAGE MAX MIN COUNT SUM Pada Excel

Jika Anda menyisipkan baris atau kolom, rumus tidak akan memperbarui untuk menyertakan baris tambahan, di mana fungsi SUM akan diperbarui secara otomatis (selama Anda tidak berada di luar rentang yang direferensikan dalam rumus). Ini sangat penting jika Anda harapkan rumus Anda untuk memperbarui dan tidak, seperti yang akan membuat Anda belum selesai hasil yang Anda mungkin tidak menangkap.

ZONA BELAJAR TIK DAN PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI ...

Rumus array adalah rumus yang dapat melakukan beberapa perhitungan pada satu atau beberapa item dalam array. Anda dapat memikirkan array sebagai baris nilai, kolom nilai, atau kombinasi baris dan kolom nilai. Rumus array dapat mengembalikan satu atau beberapa hasil. Sebagai contoh, Anda dapat membuat rumus array dalam satu rentang sel dan menggunakan rumus array itu untuk menghitung satu kolom atau baris subtotal. Anda juga dapat menempatkan rumus array di sel tunggal lalu menghitung satu jumlah. Rumus array yang mencakup beberapa sel disebut rumus multisel, dan rumus array dalam satu sel disebut rumus sel tunggal.

Menggunakan Rumus SUM & AVERAGE Pada Ms. Excel | Nur Alfian ...

Inwepo adalah media platform yang membantu setiap orang untuk belajar dan berbagi tutorial, tips dan trik cara penyelesaian suatu masalah di kehidupan sehari-hari dalam bentuk teks, gambar. dan video.

Anda mungkin memilih rentang sel yang tidak cocok dengan jumlah elemen dalam konstanta Anda. Misalnya, jika Anda memilih satu kolom enam sel untuk digunakan dengan konstanta lima sel, nilai kesalahan #N/A akan ditampilkan di sel yang kosong. Sebaliknya, jika Anda memilih terlalu sedikit sel, Excel akan menghilangkan nilai yang tidak memiliki sel yang terkait.

Jika berpengalaman membuat rumus di Excel, Anda tahu bahwa Anda dapat melakukan operasi yang cukup canggih. Misalnya, Anda dapat menghitung biaya total pinjaman dalam jumlah tahun tertentu. Anda dapat menggunakan rumus array untuk melakukan tugas kompleks, seperti:

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Andaikan kali ini kamu jadi pengusaha sepatu kulit. Kamu ingin tahu pada pekan pertama di bulan Desember, berapa unit yang berhasil dijual, total omset, dan laba kotor yang diperoleh saat itu. Harga pokok produksi untuk tiap sepatu adalah Rp 100.000, sedang harga jual adalah Rp 300.000. Pada hari-hari tertentu, ada diskon yang diberikan untuk menarik pelanggan. Maka dengan Excel 2016, kamu dapat membuat table yang menampilkan semua informasi tersebut dengan mudah.

Untuk menjumlahkan sebuah kolom atau baris angka lengkap yang berurutan, gunakan AutoSum. Klik ke dalam sel pada akhir daftar yang ingin Anda tambahkan (di bawah atau di samping nomor yang diberikan). Pada Windows, tekan Alt dan = di waktu bersamaan. Pada Mac, tekan Command dan Shift dan T di waktu bersamaan. Atau di komputer mana pun, Anda dapat memilih tombol Autosum dari menu/pita Excel.

Setelah kamu fikir ulang, kamu tak jadi membutuhkan kolom Laba Bersih. Maka dari itu, kamu perlu menghapus kolom tersebut bukan hanya isinya. Excel 2016 pun memberikan fasilitas ini. Kamu dapat menghapus kolom, baris, atau cell yang tak terpakai. Untuk jelasnya ikuti langkah berikut.

Tentu anda sudah mengetahui bagaimana cara menggunakan microsoft office excel bukan? Namun ternyata, di dalam program tersebut, Excel banyak sekali rumus yang tentunya berfungsi untuk memudahkan anda dalam melakukan pekerjaan terutama yang berkaitan dengan pembukuan. Dengan menggunakan rumus-rumusnya, maka pekerjaan anda yang biasa dilakukan secara manual akan semakin mudah jika memahami fungsi dan cara menggunakan rumus di dalam Excel.

Mari kita periksa lebih dekat rumus ini, mulai dari elemen dalam dan ke arah luar. Fungsi LEN mengembalikan panjang setiap sel dalam rentang sel A6:A9. Fungsi MAX menghitung nilai terbesar di antara item tersebut, yang terkait dengan string teks terpanjang, yaitu di sel A7.

Pada tabel yang sudah dibuat, data yang sudah diolah dapat menjadi lebih “cantic” lagi dengan formatting yang disediakan oleh Excel 2016. Sebelumnya kita pernah menggunakan Formating Cell dengan short-cut menekan Ctrl+1. Di dalam kotak dialog formatting cell, masih banyak pengaturan yang dapat dipilih. Seperti menambahkan symbol mata uang pada nominal harga, pemisah tanda ribuan, atau memberikan informasi tambahan. Pada kasus ini akan coba diubah data pada kolom Jumlah Terjual agar pada tiap angka ditambahkan informasi kata “Pasang” di belakangnya. Jadi lebih menarik dibaca dengan keterangan tersebut. Untuk itu ikuti langkah beirkut.

Laba kotor adalah keuntungan yang didapat dari tiap margin atau selisih harga jual dan harga pokok dikalikan dengan jumlah barang yang terjual, sebelum dikurangi dengan pengeluaran lainnya. Maka dari itu rumus sederhana untuk mengisi Laba Bersih tiap harinya adalah harga jual setelah diskon dikalikan dengan jumlah barang terjual, lalu dikurangi dengan total harga pokok dikalikan dengan jumlah barang terjual. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah berikut:

Secara umum, rumus array menggunakan sintaks rumus standar. Semuanya dimulai dengan tanda sama dengan (=), dan Anda dapat menggunakan sebagian besar fungsi bawaan Excel dalam rumus array Anda. Perbedaan utamanya adalah, bila menggunakan rumus array, Anda menekan Ctrl+Shift+Enter untuk memasukkan rumus. Apabila Anda melakukannya, Excel akan menutup rumus array Anda dengan kurung kurawal — jika Anda mengetikkan kurung kurawal secara manual, rumus Anda akan dikonversi menjadi string teks, dan tidak akan bekerja.

Di lembar kerja ini, kami telah menjumlahkan beberapa baris penjualan lainnya, di baris 12 sampai 17. Di sini, kita ingin memperbarui rumus array agar mencakup baris tambahan tersebut.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel