cara sharing printer

Untuk melakukan sharing printer, syarat utama yang wajib dipenuhi adalah komputer yang ingin mendapatkan akses pada printer terhubung melalui jaringan LAN atau Wifi. Selain itu, perhatikan pula apakah komputer dapat terhubung pada printer dengan baik, dalam arti ada masalah pada kabel USB printer yang memungkinkan proses printing macet di tengah jalan.

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan LAN ...

Setelah itu akan terbuka windows devices and printers. Di window ini, kita bisa melihat hardware apa saja yang terhubung dengan komputer, salah satunya printer. Tentukan printer mana yang ingin kita sharing. Klik kanan pada printer tersebut, kemudian pilih printer properties.

cara sharing printer - Blog DimensiData

Nah, sekian pembahasan kali ini tentang cara sharing printer. Jika ada yang ingin Anda tanyakan, silakan disampaikan melalui kotak komentar yang telah tersedia. Saya akan follow-up pertanyaan Anda sesempat mungkin.

Berbagi Pemakaian Printer “Cara Sharing Printer Lewat Jaringan ...

selamat siang mas, mau tanya saya sharing 7 printer hp laserjet 1010 di windows 7 kok gak bisa terinstal dan sharing karena eror pada saat instal driver. namun jika disharing dengan XP atau windows 10 lancar jaya. sudah pernah cari di internet katanya driver windows 7 nya yg gak cocok, tetapi kokada win7 yg bisa terinstal drivernya jadi bisa di pakai, namun kadang ada yg gak bisa kira2 dmn maslah sebenarnya.

1. Langkah berikutnya adalah apabila Anda ingin mematikan fitur login password pada saat sharing komputer, caranya sangat mudah. Pada halaman yang sama, yakni ‘Advance Sharing Settings’, lihat di bagian pojok kanan bawah.

– Terdapat tulisan berupa pilihan share this printer, klik kotak kecil pada samping tulisan tersbut sampai terbentuk centang. Anda juga bisa mengganti nama share jika ingin, jika tidak maka nama share yang tertera nantinya adalah nama dan tipe printernya. Setelah itu klik apply, maka printer sudah bisa diakses dari komputer lain.

Gaspar Keluli Lamatapo selamat siang mas, mau tanya saya sharing 7 printer hp laserjet 1010 di windows 7 kok gak bisa terinstal dan sharing karena eror pada saat instal driver. namun jika disharing dengan XP atau windows 10 lancar jaya. sudah pernah cari di internet katanya driver windows 7 nya yg gak cocok, tetapi kokada win7 yg bisa terinstal drivernya jadi bisa di pakai, namun kadang ada yg gak bisa kira2 dmn maslah sebenarnya.

Setelah semua selesai ada baiknya melakukan pengamanan agar bertujuan sistem tidak berubah, umum nya diwarnet selalu memakai deep freezeDeep Freeze adalah software yang bisa membekukan drive kita setiap kali komputer kita booting. jadi penjelasannya adalah, misalkan kita mau membekukan drive C di suatu folder atau data ‘x’ dan ‘y’. maka setiap kali komputer booting maka drive C hanya berisi ‘x‘ dan ‘y’, walaupun kita tambahkan file ‘z’ di komputer sebelum komputer booting maka file tersebut tidak akan tersimpan di drive C setelah komputer booting. misalkan komputer kita dibekukan disaat installasi windows, terus anda install program – program dan terinfeksi virus, tinggal direstart komputernya aja. nanti akan kembali ke kondisi pertama pada saat kita melakukan pembekuan. 
Manfaatnya adalah kalau anda ingin coba – coba install program – program aneh dan tidak jelas, yang tiba – tiba bisa merusak komputer anda, pada saat kondisi pembekuan menyala anda tinggal restart komputernya saja, maka komputer akan kembali seperti semula. Kalau anda punya usaha bisnis yang memakai komputer, biasanya banyak file tidak teratur dan tidak jelas dari karyawan anda. tinggal restart komputer anda saja. maka file – file itu akan hilang dengan sendirinya. tidak perlu memformat hardisk anda tiap bulan. 
Kalau anda harus mengurusi komputer lab yang setiap harinya banyak digunakan dan di situ digunakannya sering meninggalkan file yang tidak jelas dan tidak berguna, tinggal direstart aja komputer anda, maka akan kembali seperti semula. Cara Install Deep Freeze Tujuan dari ini agar virus tidak masuk dan mencegah perubahan settingan, dengan system dikunci maka setting default akan terbentuk, sehingga jaringan ataupun printer setting tidak akan berubah. Install program Deep Freeze sampai selesai. Berikan password untuk deep freeze digunakan untuk membekukan dan melepas pembekuan pada hardisk Pilih hardisk mana yang ingin anda bekukan, C/D Restart

About Us Nesabamedia.com merupakan portal blog yang menyajikan artikel tutorial komputer, internet, jaringan komputer, dan beberapa artikel yang berhubungan dengan dunia komputer dan internet.

Sharing printer adalah salah satu cara mudah untuk melakukan print, terutama jika terdapat beberapa komputer dan hanya ada satu printer. Sharing printer biasanya dilakukan di kantor atau warnet, dimana orang ingin melakukan print melalui komputer masing-masing tetapi sulit jika semua komputer harus terhubung ke printer. Maka solusi untuk mengatasinya adalah dengan cara sharing printer. Cara ini memerlukan jaringan LAN atau Locak Area Network yang terhubung melalui kabel atau wireless. Caranya adalah:

Anda dianjurkan mengeset lokasi jaringan menjadi Private saat mengatur jaringan di komputer, sehingga opsi berbagi yang tersedia lebih luas. Seluruh sistem operasi mengaktifkan opsi berbagi yang lebih luas pada jaringan pribadi. Kata sandi memungkinkan Anda berbagi pencetak dengan lebih aman. Saat menghubungkan komputer ke pencetak yang dilindungi, Anda harus memasukkan nama pengguna dan kata sandi pada komputer server. Beberapa pencetak memiliki fitur jaringan nirkabel. 
Anda juga bisa menghubungkan pencetak ke perute nirkabel melalui USB bila perute mendukung fitur tersebut. Jika Anda menghubungkan pencetak ke jaringan tanpa melalui komputer, prosesnya akan lebih mudah, karena pencetak yang dibagikan secara nirkabel akan dapat digunakan oleh seluruh komputer di jaringan.

Sebaliknya, ketika komputer yang melalukan sharing printer tidak mengaplikasikan password, maka pengguna dapat lebih leluasa ketika ingin tersambung dan menggunakan printer yang tersedia. Untuk informasi, password login merupakan password yang digunakan ketika pertama kali komputer/laptop dinyalakan.

Kalau driver saja sudah gagal diinstall, otomatis sharing printer besar kemungkinan gagal. Akar masalahnya sepertinya ada di drivernya deh mas. Oh iya mas, notif errornya seperti apa ya? Biar bisa lebih spesifik kasih sarannya. Coba download driver terbarunya disini mas. Dicoba ya dan kabari saya jika mengenai perkembangannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel