Cara Ubah File Word Jadi Pdf Tanpa Software

Di era teknologi saat ini tidak lepas dengan data - data softcopy. Salah satunya File berformat Pdf untuk memudahkan saling mengirim data lebih ringan.

Sebelum kita merubah file word menjadi format Pdf, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu sejenak untuk mempelajari File Pdf itu sendiri. Setidaknya menambah sedikit ilmu kita tentang salah satu bentuk File saat ini.


Apa Itu Pdf

PDF atau Portable Document Format adalah sebuah format file yang diciptakan oleh Adobe System, Inc. File jenis ini sangat populer dan banyak digunakan terutama dalam bentuk ebook karena dapat dengan mudah dibuka menggunakan berbagai aplikasi gratis.

Untuk dapat membuka file PDF kita memerlukan sebuah software PDF Reader yang banyak tersedia untuk digunakan baik berbayar maupun gratis baik pada PC maupun gadget seperti perangkat Android.

Bagaimana Cara Membuka File PDF


Seperti sudah dijelaskan diatas, untuk dapat membaca file PDF baik di PC, Laptop maupun Android kita hanya membutuhkan sebuah aplikasi PDF Reader seperti Adobe reader, Sumatra PDF, Foxit Reader dan masih banyak lagi yang dapat didownload dari internet dengan mudah dan gratis.
Kelebihan File PDF

Jika dibandingkan dengan format dokumen lain seperi MS Word, PDF tentu lebih aman dan dapat didistribusikan atau dibuka di PC manapun dengan tampilan yang sama asalkan sudah terinstall software PDF reader, file ini sulit untuk diedit kecuali kita memiliki aplikasi PDF editor dan itupun jika tidak diberi password, karena untuk menjaga kemanan file PDF kita dapat memberikan hak akses terbatas misal hanya dapat dibaca tanpa bisa diedit atau dicetak dengan menggunakan aplikasi PDF Locker.

Setelah kita mengetahui apa itu Pdf dan Cara Membukanya, sekarang saya mau memberikan cara simpel merubah File Word menjadi Pdf.

Pertama Buka File Word anda. (Perhatikan Gambar di Bawah ini)


Klik File-Save as


Browse


Ubah Format Jadi Pdf



Klik





Tentukan, mau standar / dibuat minimum



Save dan Selesai

#Aplikasi referensi untuk Pdf

Tentunya banyak sekali aplikasi pembuka/editor Pdf saat ini dari mulai offline sampai online itu semua untuk memudahkan user dalam mengelola file nya lebih cepat. Tapi untuk saat ini saya masih suka dengan aplikasi Nitro pdf.


Tool-tool nya sudah lengkap. kalian bisa eksport file Pdf ke Word, Excel dan Jpeg




Itulah sekilas informasi mengenai apa itu file PDF semoga bisa memberikan gambaran lebih jelas terutama mengenai bagaimana cara mengubah dari File Word menjadi Pdf tanpa Software

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel